01/07/08

Tetapkan Standar Keberhasilan

Dalam mencapai keberhasilan, Anda perlu menetapkan standar tertentu.
Standar ini diperlukan karena dapat dijadikan barometer apakah Anda berhasil atau tidak. So, jika Anda memiliki anak buah tetapkanlah standar keberhasilan bagi mereka.Standar keberhasilan yang ditetapkan dapat menjadi pemicu semangat mereka dalam menggali kekuatan dirinya. Dengan demikian karyawan akan mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan dan apa saja kelemahannya. Tapi tentu saja, sebagai leader Anda perlu menciptakan lingkungan yang memungkinkan mereka mencapai standar yang ditetapkan itu.Dalam hal ini, Anda harus menghargai kemampuan dan potensi karyawan.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan Anda agar karyawan bisa mencapai standar keberhasilan:

Tentukan standar yang tinggi tapi realistis
Artinya standar yang Anda tetapkan tidak terlalu rendah tetapi juga tidak terlalu tinggi. Standar yang terlalu rendah menyebabkan produktivitas tidak tercapai. Sedangkan standar yang terlalu tinggi akan menyulitkan pencapaian dan membuat Anda kesulitan menilai kemampuan mereka. Hal ini menyebabkan karyawan kecewa dan frustasi.

Tentukan standar berdasarkan kualitas dan kuantitas
Standar yang Anda tentukan sebaiknya mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas pekerjaan. Biasanya standar ini dibuat berjenjang dari tingkat perusahaan, departemen, hingga divisi terkecil. Tentu saja standar ini dibuat untuk memperkuat keunggulan perusahaan.

Berikan tolok ukur yang jelas
Tolok ukur yang jelas membuat karyawan tidak perlu menduga-duga apa dan bagaimana cara mencapainya. Karena itu, sebagai leader Anda harus memberi penjelasan secara rinci. Tekankan pada karyawan agar mereka bertanya jika ada sesuatu yang belum jelas.

Ingatkan karyawan.
Dalam waktu-waktu tertentu, ingatkan karyawan mengenai standar tersebut. Ini akan memantapkan standar sekaligus memberikan penghargaan bagi pencapaian yang baik.

Lakukan bimbingan
Tanamkan dan tumbuhkan motivasi mereka untuk mencapai yang terbaik. Namun jangan mengharap karyawan dapat mencapainya dalam waktu cepat. Semua ini butuh proses. So, bimbinglah mereka agar mereka tidak 'buntu'. Tekankan bahwa standar yang ditetapkan bukanlah untuk perorangan tapi demi kepentingan bersama.

Beri imbalan
Berilah penghargaan bagi mereka yang mampu memenuhi standar. Hal ini akan semakin memacu semangat karyawan dan membuat mereka semakin dihargai. Tapi sebaliknya, jangan mengecam mereka yang belum berhasil meraih standar itu. Berikan dorongan dan motivasi yang lebih besar agar mereka berhasil seperti yang lainnya.

Berikan teladan
Ini adalah cara yang paling ampuh untuk membantu karyawan mencapai standar. Jika Anda hanya bisa menyarankan, mendorong dan memotivasi tanpa tindakan, mereka akan mentertawakan Anda. Anda akan dianggap no action talk only. So, tunjukkan bahwa Anda pun sama seperti mereka yang sama-sama berusaha mencapai standar tersebut.Hal yang tak kalah penting adalah dengan membuka jalur komunikasi antara Anda dan karyawan serta antar karyawan. Jangan ciptakan kondisi egoisme dan individualistis. Ajarkan mereka untuk saling mengingatkan dan menyemangati. Sukses untuk Anda.....! (GCM/Astaga)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus. Perlu juga aturan kedisiplinan pegawai ditegakkan dengan baik.

http://wuryanano.wordpress.com/2008/01/20/tentang-disiplin-pegawai-di-perusahaan-anda/

Salam Luar Biasa Prima,
Wuryanano